Mengenai Saya

hy ...teman-teman.nama lengkap saya rizki putri adita.lebih di kenal dengan nama kifana bachmid.akrab di sapa kif, fana, dan rizki.sangat menyanyangi keluarga dan teman teman.hoby memasak, membaca, menyanyi, menari dan menulis, karena sewaktu kecil mempunyai cita menjadi penulis. teman-teman....^_^ ingin menjadi seorang yang perfeksionis??? lebih teratur dalam segala bidang????caranya mudah.akan tetapi dibutuhkan kesungguhan.cara terbaik adalah menerapkan pendisiplinan diri.:-D

Sabtu, 31 Maret 2012

PRIBADI DAN KEPRIBADIAN

PRIBADI merupakan personal 'seseorang'.istilah 'pribadi' menujukan keterpisahan, yakni individualisme.

Setiap orang umumnya berperilaku berbeda saat menghadapi situasi yang berbeda.kadar motivasi, watak, kreativitas, dan kestabilan emosi juga berbeda antara satu orang dengan orang lain.hal tersebut dipengaruhi oleh kepribadian masing-masing.kepribadian cenderung berinteraksi atau lebih menujukan sifat yang bisa diukur oleh seseorang sehingga menimbulkan penilaian terhadap seseorang.

Dalam kehidupan sehari-hari kata-kata yang kita gunakan dapat menggambarkan pola watak perilaku seseorang dalam menghadapi sejumlah situasi yang berbeda.gambaran itu juga memberikan petunjuk tentang perasaan serta jalan pikiran seseorang.oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa kepribadian adalah sesuatu yang stabil karena tidak akan berubah secara drastis.

Sebenarnya kepribadian adalah suatu keinginan yang mengatur perilaku seseorang atau memberi petunjuk ke arah tertentu.hal ini akan merespon masalah dengan cara wajar sesuai dengan situasi yang dihadapi.jadi, kepribadian adalah sebuah cara yang dilakukan seseorang dalam merespon suatu situasi atau cara bertindak yang disukai seseorang terhadap keadaan maupun orang tertentu.

Singkatnya, catatan penting mengenai kepribadian adalah sebagai berikut.

  • Kepribadian yang bersumber dari diri Anda sebagai seorang individu.
  • Kepribadian menggambarkan perilaku Anda dalam menghadapi beragam situasi
  • Kepribadian tidak mungkin berubah secara drastis dalam waktu singkat
  • kepribadian dapat membedakan Anda dari orang lain.
Kepribadian juga dipengaruhi oleh keyakinan Anda, yaitu hal-hal yang Anda percayai kebenaranya meskipun tidak ada bukti nyata dapat menguatkannya, dan prinsip-prinsip Anda, yaitu serangkaian keyakinan terhadap perilaku Anda sendiri dan orang lain.Motivasi dan aspek-aspek watak juga dapat mempengaruhi perilaku Anda : mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan saat ini?Motivasi ini biasanya diwujudkan dalam bentuk kebutuhan, seperti kebutuhan akan keberhasilan atau kebutuhan akan rasa aman.semua faktor tersebut sangat berperan dalam menggambarkan kepribadian Anda secara utuh.

Sebagaian besar orang-orang berpendapat bahwa kepribadian lebih dipengaruhi oleh cara anda dibesarkan serta pengalaman hidup.jika kita mempelajari ketiga pendapat tersebut.maka, akan terlihat aspek-aspek dan perilaku yang tampaknya muncul secara otomatis.hal ini menyebabkan kita dapat mendeskripsikan tindakan tertentu sebagai kodrat."tindakan alami manusia", yaitu implikasi bahwa beberapa pola perilaku berasal dari fungsi otomatis otak manusia.meskipun tidak selalu dengan kadar yang sama dalam diri setiap manusia.jika sama, kita akan dapat meramalkan secara teratur seluruh rangkaian perilaku setiaporang.Akan tetapi tidak bisa melakukannya karena stimulan yang sama tidak selalu menghasilkan reaksi yang sama untuk setiap orang.hal ini berarti bahwa sifat orang berbeda satu sama lain secara alami, misalnya rasa keibuan, mudah bergaul, kriminal, atau kreativitas.

Selain menganggap beberapa perilaku manusia sebagai "kodrat alami", kita sering juga orang mencirikan orang berdasarkan penampilan fisik mereka, seperti orang yang tinggi besar adalah orang yang makmur dan orang yang kurus adalah pemurung.bahkan, beberapa psikolog mengelompokan orang ke dalam tipe sesuai bentuk dan penampilan dan fisik mereka.hal ini mungkin mengecewakan para novelis yang sering kali menggunakan ukuran dan bentuk fisik sebagai indikator watak tokoh dalam karya mereka.

LIMA SIFAT UTAMA KEPRIBADIAN

Sebagian besae kuesioner kepribadian dirancang  untuk mengukur semua sisi kepribadian.dua kuesioner popular adalah Sixten Personality Factory Questionare dan Occupation Personality Questionnaire, kedua kuesioner ini mengukur 16 dan 32 aspek kepribadian secara berturut-turut.meskipun jumlah dimensi yang diukur dalam tes batas berbeda-beda, maka keduanya sepakat bahwa lima aspek atau deimensi kepribadian yang utama.

Dalam istilah psikologi dimensi - dimensi ini dikenal sebagai The Big Five ( Lima Sifat Utama ).
Nama yang diberikan pada lima dimensi ini berbeda-beda bergantung pada orang yang merancang kuesioner ini.secara umum dimensi-dimensi ini dapat dijelaskan sebagai berikut.
  • Ekstrover orang yang mudah bergaul, supel,banyak bicara, dan individu yang bersemangat.Mereka cenderung nyaman bergaul dengan orang asing dan umumnya lebih memilih bekerja diperusahaan-perusahaan.
  • Introver orang yang mawas diri dan selalu berhati-hati.Mereka cenderung lebih suka bekerja sendiri atau berwiraswasta.Mereka lebih nyaman mengerjakan sendiri segala sesuatu dengan tenang tanpa banyak bicara.
  • Keras hati-Perasa adalah orang yang tegas, lincah dan kadang-kadang terlihat sedikit tidak berperasaan.sedangkan, orang perasa adalah orang yang penuh perhatian, suka memberi dukungan, hangat, suka mempercayai orang lain dan selalu menjaga hubungan.
  • Penurut-Kreatif adalah orang yang menerima segala sesuatu apa adanya dan berpikiran sederhana.Mereka cenderung menggunakan pandangan umum dalam berbagai hal yang penting mereka lakukan.Sedangkan, orang kreatif lebih tertarik menggali ide-ide baru,meskipun belum tentu dapat dipraktikan dan sering kali menentang aturan tata tertib yang sudah ada.
  • Teratur -Tidak teratur maksudnya  orang yang lebih teliti, formal, kaku, dan metodis.Mereka percaya bahwa ada tempat untuk segala sesuatu dan sangat memperhatikan detail serta kerapian.Sedangkan, orang yang tidak teratur adalah orang yang kasual, santai, dan spontan.Mereka tidak menyukai rutinitas dan kadang-kadang sebrono.
  • Percaya diri-emosional adalah orang yang tenang dan tidal mudah terganggu.Mereka cenderung ramah dan suka melakukan hal-hal dengan cara mereak.Sedangkan, orang yang emosional adalah orang yang mudah cemas dan selalu tegang.

Ada pula teori jenis kepribadian menempatkan orang dalam kelompok tertentu, misalnya kita dapat mengetahui seseorang sebagai orang yang ekstrover.saat kita melakukan hal ini berarti kiueta menempatka orang tersebut dalam satu kelompok tertentu, dalam hal ini adalah ekstrover dan kita dapat mengklasifikasi lagi watak ekstrover tersebut dalam kategori yang lebih kecil.ini adalah cara yang umum untuk menggambarkan watak seseorang sehingga orang lain dapat mengetahui secara persis watak seperti apa yang kita maksudkan.Masalah yang mungkin muncul adalah tidak semua orang cocok di masukan dalam kategori tertentu , bahkan beberapa orang bisa jadi berwatak campuran antara ekstrover dan introver.


SIFAT PRIBADI
Sifat adalah salah satu aspek kepribadian seseorang yang dapat dibandingkan dengan orang lain sehingga dapat diketahui sifat apa yang mempunyai pengaruh yang lebih kuat atau lemah.

Dalam beberapa hal perbedaan antara analisis jenis kepribadian dan sifat bukanlah persoalan.akan tetapi, pendekatan sidafat dapat memberikan keterangan yang lebih luas untuk melakukan perubahan dan memungkinkan kita menghasilkan sifat yang lebih banyak dari yang kita bandingkan.Analisis ini dapat memberikan gambaran kepribadian yang berbeda beda-beda dan jauh lebih adil daripada hanya sekedaer mengelompokan kepribadian dalam beberapa kategori.meskipun demikian , sifat-sifat tersebut hanya dapat menggambarkan seperti apa diri kita, tanpa mampu menjelaskan bagaimana kita biisa menjadi seperti diri kita sekarang ini.


MENGENALI DIRI

setiap orang memiliki kepribadian masing-masing.kita harus memikirkan kembali peristiwa yang dapat mengubah sudut pandang kita terhadap segala sesuatu dan mengubah cara kita bergaul dengan orang lain karena sebagai orang dewasa kita dapat mengembangkan kemampuan mengontrol kepribadian kita.Misalnya, seseorang harus berhadapan dengan publik sebagian dari pekerjaannya, padahal sebenarnya ia tidak berwatak ekstrover.Di dalam hati merasa tidak nyaman melakukan hal tersebut, tetapi karea ia harus melakukanya , mau tidak mau ia harus berusaha mengembangkan cara menguasai kepribadianya, ini adalah salah satu contoh pengendalian diri dalam berperilaku berkepribadian, jadi lebih melawan kecemasannya sendiri dengan mempersiapkan apa yang ingin ia katakan dengan berhati-hati.menerapkan disiplin wakttu, memperhitungkan waktu dan pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan, lebih membiasakan diri dengan segala situasi yang akan dihadapi.



KUESIONER KEPRIBADIAN

kuesioner kepribadian adalah istilah untuk mengungkapkan penilaian diri sendiri dengan cara menggambarkan anda melalui perantara serangkaian dari pertanyaan.Pertanyaan berisi tentang berbagai aspek kepribadian anda yang memungkinkan anda menjawab dengan cara yanng berbeda-beda, tergantun pada jenis kuesione yang diberikan.
Contoh : saya senang membaca buku...Jawaban.   A) BENAR  B) SALAH

Kuesioner emotional intelegence umumnya menilai beberapa hal sebagai berikut.
  • Kewaspadaan diri. seberapa jauh anda mengendalikn perasaan dan kemampuan anda
  • Keuletan.seberapa baik prestasi anda di bawah tekanan dan kemampuan anda mengubah perilaku-perilaku yang tidak  anda inginkan.
  • Tekad.Sejumlah energi yang anda milki guna mencapai cita-cita
  • Kepekaan.Seberapa peka anda terhadap kebutuhan dan keingnan orang lain serta kepedulian anda terhadap kebutuhan mereka.
  • Pengaruh.Kemampuan anda mempengaruhi atau mengajak orang lain mengikuti jalan pikiran anda.
  • Suka mengatur.Kemampuan anda menyelesaikan maslah dan mengambil keputusan anda tidak memilki cukup informasi yang dibutuhkan.
  • Integritas.Kemampuan anda untuk melakukan suatu tindakan yang tepat.
semua faktor ini sangat penting dalam pekerjaan manajerial apapun dan benar-benar terbukti dapat mempengaruhi hasil kerja.

10 sikap kualitas yang baik
  1. Ketulusan yang membuat orang lain merasa nyaman dan merasa dihargai sehingga timbul rasa percaya.
  2. Rendah hati, hanya orang-orang yang berjiwa besar dan kuat jiwanya yang bisa rendah hati.siap mental.orang yang rendah hati cenderunag bisa menjaga perasaan, bisa mengontrol diri, jujur sehingga mudah di percaya.dengan adanya sikap rendah hati orang-orang akan mencari dan mendekati.
  3. kesetiaan, orang yang selalu setia pasti bisa berkomitmen.bisa diandalkan dan bisa dipercaya.
  4. Berpikir positif, selalu memandang sesuatu dengan pemikiran yang baik, jauh dari prasangka buruk.lebih berhati-hati dalam penilaian.pencari solusi terbaik dan pemikir terbaik seihngga harapan selalu ada.
  5. Keceriaan, bisa menikmati hidup tanpa mengeluh, selalu berusaha mencari kebahagian, bisa memotivasi diri sendiri.
  6. Bertanggung jawab, bersungguh-sungguh, menjadi diri sendiri, menerima risiko dari tindakanya sendiri, mempunyai kesadaran diri.
  7. Kepercayaan diri, yakin dengan kemampuanya, menghargai orang lain dan menghargai diri sendiri, mengetahui batas kemapuanya sehingga lebih teratur dan mudah apabila menyelesaikan suatu masalah.
  8. Berjiwa besar, tidak berlama-lama dengan masalah, menghindari ketidakharmonisan dalam hubungan kerja ataupun pertemanan, lebih sabar dan pemaaf.
  9. Easy going, type pribadi yang santai, tidak suka membesar-besarkan masalah apalagi dianggap hanya akan membuangg-buang waktu.
  10. Empaty, selalu menempatkan diri diposisi yang benar.memahami orang lain

                                                                                                                          "SEMOGA BERMANFAAT"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar